DAERAH  

Pertemuan Tahunan BI, Idris DP: UMKM Pendorong Utama Pertumbuhan Ekonomi Sulbar

Pertemuan Tahunan BI, Idris DP: UMKM Pendorong Utama Pertumbuhan Ekonomi Sulbar

MAMUJU – Pertemuan tahunan Bank Indonesia (BI) 2023 dengan tema sinergi memperkuat ketahanan dan kebangkitan ekonomi nasional digelar secara nasional dan diikuti seluruh Pemerintah Daerah (Pemda), tak terkecuali Pemprov Sulbar, Rabu, 29 November 2023 malam.

Pertumbuhan ekonomi Sulbar sendiri di tahun 2023, khususnya pada triwulan ketiga mencapai 7,5 persen. Hal itu disampaikan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulbar, Muhammad Idris dalam sambutannya usai pertemuan tahunan BI 2023 yang diikuti secara virtual.

Muhammad Idris mengungkapkan, pendorong utama pertumbuhan ekonomi di Sulbar ada pada industri-industri yang bergerak di sektor UMKM. Hal itu, kata Dia, dilaporkan langsung oleh BI Sulbar.

Baca Juga  Pj Gubsulbar Kukuhkan 71 Paskibraka Sulbar

“UMKM kita itu lumayan cepat recovery nya sesudah pandemi (Covid-19), dan itu saya juga diluar kalkulasi bahwa itu ternyata menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi terbesar,” kata Muhammad Idris.

Dia juga mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Sulbar pada triwulan ketiga yang mencapai 7,5 persen merupakan capaian tertinggi sejak 2016 lalu. Menurutnya, capaian itu harus ditingkatkan demi kemajuan Sulbar kedepannya.

“Kita ingin pertahankan itu, mudah-mudahan di triwulan ke empat itu tetap kita bisa capai 7,5 persen. Beda dengan nasional yang tadi digambarkan oleh Gubernur BI sekira 5,4 persen, bahkan 4,9 persen,” ungkapnya.

Baca Juga  Dirikan Posko Induk Pengaduan, Komitmen Dinas PUPR Sulbar Penanganan Empat Masalah di Sulbar

Muhammad Idris menjelaskan, capai itu merupakan kemajuan yang luar biasa bagi Sulbar. Dia pun berharap, seluruh pemangku kepentingan dari segala bidang yang berhubungan dengan peningkatan ekonomi untuk tetap bergerak.

“Ini satu kemajuan yang luar biasa, dan oleh karena itu, seperti yang kami minta juga, semua pemangku kepentingan di bidang yang menangani inflasi, sektor perkreditan, bagaimana menumbuhkan penggerak ekonomi kita, itu mudah-mudahan bisa kita capai,” ujar Muhammad Idris.

Baca Juga  Persiapan Sulbar Sambut Kunjungan Wapres Terus Dipersiapkan

Kedepannya, kata Dia, salah satu yang menjadi kunci pertumbuhan ekonomi Sulbar lebih besar lagi, yakni sektor investasi. Sehingga, masuknya investasi-investasi di Sulbar harus didorong dengan sinergitas para pemangku kepentingan.

“Kita harus bisa mendorong datangnya atau masuknya investasi itu. Untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi kedepannya, kita harus memberikan kapasitas, dorongan kepada pelaku usaha, terutama untuk hal-hal yang mempengaruhi jalannya kebijakan di sektor perkreditan misalnya,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *