DAERAH  

93 Kuda Menari Akan Meriahkan Hari Jadi Majene ke-477

MAJENE, Pagelaran Budaya Messawe Saeyyang Pattuqdu untuk memeriahkan Hari Jadi Majene ke 477 dan HUT Proklamasi RI ke 77 tahun 2022 akan dilaksanakan pada 11 Agustus 2022 mendatang.

Rencananya pagelaran tersebut akan menggunakan 93 ekor kuda dan 35 Bendi. Para pessawe terdiri dari Bupati Majene, Wabup, Sekda, Camat, Lurah dan Kades.

Sementara untuk kendaraan tradisional bendi akan diisi Ketua TP PKK Majene, Ibu Wakil Bupati dan ketua DWP Kab Majene serta para pimpinan OPD.

Selain itu melibatkan ratusan orang pendukung acara yaitu parrawana, pakkalindaqdaq, pesarung dan pembawa payung.

Baca Juga  Masih Tertinggi di Sulbar, Pemkab Majene Terus Berinovasi Turunkan Angka Stunting

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Majene Rustam Rauf mengatakan, pagelaran tersebut bukan bersifat lomba, sehingga jika adanya persyaratan teknis semisal kostum dan lainnya merupakan bagian dari upaya untuk melestarikan budaya ini dengan baik. “Pagelaran ini sebagai upaya kita mengembalikan eksistensi budaya mandar,” ucapnya saat Rapat Sosialisasi Pagelaran Budaya Messawe Sayyang Pattuqdu, Senin 8 Agustus 2022 di Ruang Pola Kantor Bupati Majene.

Bupati Majene Andi Achmad Syukri berharap pagelaran tersebut seluruh pihak berkomitmen untuk menyukseskan pagelaran tersebut. “Kita laksanakan ini setelah melihat dan mengikuti beberapa kegiatan di Kecamatan, saya minta partisipasinya dan keseriusannya satu kuda satu desa, kita sukseskan kegiatan ini sama sama,” ujar Bupati.

Baca Juga  Festival Ada' Tuho Ulumanda, Tampilkan Seni Drama, Musik dan Tari

Hal senada juga disampaikan Sekda Majene Ardiansyah. Menurutnya, pagelaran budaya messawe merupakan bentuk kesyukuran, sehingga patut untuk kita berpartisipasi. “Mudah-mudahan pagelaran ini bisa berjalan sesuai dengan rohnya, bermanfaat khususnya dalam menguatkan kebudayaan di Mandar,” ucap Ardiansyah.

Sementara itu untuk rute akan menempuh sekitar 1.9 Km. Dimulai dari panggung kehormatan di depan SMP 2 Majene, belok kanan arah SMK 2 Majene, belok kanan menuju jalan Wolter Monginsidi. Belok kiri ke jalan Melati belok kanan arah pasar sentral / depan masjid pakkola.

Baca Juga  Akmal Ajak Pengembang Tingkatkan Minat Investasi Properti di Sulbar

Kemudian belok kanan ke jalan Kanjuha hingga ke jalan Yonggang belok kanan kembali ke jalan AP Pettarani kembali ke panggung kehormatan.

Turut hadir dalam rapat sosialisasi tersebut Staf Ahli, Asisten Setda, Pimpinan OPD, para Camat dan Lurah. (hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *